Thursday, February 25, 2016

Buah Delima Memiliki Banyak Antioksidan

BY Hendry Agustinus IN , , No comments

Buah Delima adalah buah yang memiliki merah muda segar ini mungkin lebih banyak terkenal sebagai pelengkap rujak acara tujuh bulanan untuk ibu hamil. Padahal , buah ini harusnyarutin kita konsumsi.

Buah Delima adalah salah satu sumber antioksidan dan antiperadangan yang bermanfaat kesehatannya sering disandingkan dengan red wine atau teh hijau.
Penelitian mengenai kandungan gizi buah delima memang tak sebanyak buah-buahan lainnya. Tetapi salah zat aktif yang diketahui ada dalam buah delima adalah polifenol seperti elagitanin yang sangat baik untuk menghambat aktivasi jalur peradangan. 

Ada juga antosianin yang memberikan warna merah pada buah delima ini sekaligus menjadi antioksidan. Bila kita sering mengonsumsi buah kaya antioksidan seperti buah delima risiko terkena penyakit jantung dan kanker bisa berkurang .

Penelitian pada tahun 2008 menyimpulkan, jus buah delima memiliki aktivitas antioksidan dan polifenol yang lebih tinggi dari pada red wine, jus anggur, blueberi, jus apel, dan jus jeruk. 




Bahkan jika ekstrak biji buah delima dibuat jus kapasitas antioksidannya tiga kali lebih banyak dari teh hijau atau red wine.

Studi berskala kecil pada manusia juga menunjukkan, mereka yang rutin minum jus buah delima setiap hari risikonya terkena penyakit jantung lebih rendah. Hal ini karena jus buah delima akan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar Kolesterol baik.

Saat ini zat aktif buah delima juga tengah diteliti untuk mengetahui apakah bermanfaat untuk memperlambat keganasan kanker prostat.  




0 komentar:

Post a Comment